Cara Reset Printer Epson L310

By | October 3, 2021

Cara Mengatasi Printer Epson L310 Blinking Kedip-Kedip. Instilah blinking atau lampu indikator kertas dan lampu indikator tinta menyala berwarna orange dan berkedip – kedip pada printer merupakan permasalahan yang sering terjadi pada printer inkjet dan deskjet.

Banyak faktor yang menjadi penyebab lampu indikator kertas dan tinta printer berkedip-kedip / Blinking, antara lain:Printer sudah mencapai batas maksimum jumlah print yang telah di tentukan oleh produsen printer.Paper Jam atau kertas macet.Kerusakan komponen pada Motherboard printer.Cartridge rusak.Cartridge kotor / rusak akibat tabung tinta bocor.

Untuk penyebab masalah lampu indikator berkedip-kedip atau blinking pada printer Epson L310 ini terjadi di karenakan printer sudah terlalu banyak melakukan aktivitas print dokumen dan foto sehingga sudah mencapai batas maksimal jumlah print yang di perbolehkan.

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa untuk printer epson L310 memiliki jumlah print dokument atau gambar maksimal sebanyak 2302 lembar, sehingga jika sudah melewati ambang batas sesuai dengan yang telah di tentukan oleh pihak vendor epson.

Dalam hal ini biasanya ditandai oleh adanya lampu indikator strength, tinta, kertas berkedip-kedip secara bergantian atau bersamaan.

Saat printer mengalami masalah errors, biasanya di ikuti dengan munculnya dialog pemberitahuan pada layar komputer yang bertuliskan Ink waste is complete, carrier required, atau Ink pad is on the quit of its provider live.

Selanjutnya, agar printer Epson L310 dapat digunakan lagi, maka mau tidak printer epson L310 harus di reset agar kembali ke 0 (nol) atau kembali ke setingan pabrikan, dan untuk cara mengatasi printer Epson L310 berkedip-kedip atau Blingking adalah sebagai berikut.

Solusi yang bisa di gunakan untuk mengatasi printer Blinking / lampu energy dan lampu indikator tinta, lampu indikator kertas berkedip-kedip antara lain:Periksa beberapa bagian printer yang bisa jadi menjadi pemicu utama terjadinya lampu strength berkedip secara bersamaan.Melakukan reset manual (tanpa aplikasi).Melakukan reset Epson L310 secara otomatis menggunakan resetter adjustment application.

Komponen Penyebab Error Epson L310, antara lain:Cartridge – cartridge merupakan bagian yang sangat penting pada printer sehingga paling sering menyebabkan lampu indikator tinta dan kertas berkedip bergantian. Untuk mengatasinya, silahkan bersihkan cartridge dengan cara menyedot sisa tinta yang terdapat di dalamnya.Nozzle Cartridge – bersihkan nozle cartridge dengan cairan head cleaner.Roller – roller merupakan tempat keluarnya kertas, pastikan bagian ini dalam keadaan tidak macet dan bersihkan bila terdapat sobekan kertas yang terjepit didalamnya.Tabung Pengisian Tinta – periksa tinta printer dan pastikan janfgan sampai kehabisan tinta, selain itu cek juga selang tinta jangan sampai terjepit atau macet.Tabung Pembuangan Tinta – Salah satu penyebab lain mengapa printer tidak bisa mencetak adalah tabung pembuangan tinta sudah penuh.

Jika semua pemeriksaan sudah dilakukan, akan tetapi printer masih Error dan lampu indikator masih tetap berkedip, sebaiknya lakukan reset. Baik itu reset guide maupun secara otomatis menggunakan Adjustprog Epson L310.

Tujuan Utama Reset Printer adalah untuk mengembalikan konfigurasi printer ke posisi default atau kembali ke setingan pabrik sehingga semua statistics penggunaan printer yang tersimpan di dalam chip printer akan di hapus, misalnya mereset jumlah maksimum kertas yang telah di print, menormalkan ink pad dan setingan yang lainnya.

Reset guide Epson L310 merupakan salah satu solusi terbaik untuk menormalkan kembali fungsi printer, dan dalam hal ini hanya perlu melakukan beberapa trik khusus dan tidak membutuhkan bantuan software apapun. Nah untuk melakukan reset manual, berikut langkah-langkahnya.Lepas atau cabut kabel daya selama three hingga 5 menit.Setalah itu colok lalu nyalakan printer seperti biasanya dengan menekan tombol Power.Bila telah menyala sempurna, silahkan tekan dan tahan tombol Resume (emblem tinta) selama five detik, kemudian lepaskan.Tekan dan tahan lagi tombol Resume selama 3 detik, setelah itu lepaskan.Tunggu sampai proses reset printer selesai dilakukan.Bila berhasil, maka lampu indikator akan berhenti berkedip.Untuk memastikannya, silahkan cetak satu atau dua dokumen.Selesai.

Cara Reset Otomatis Epson L310.

Bila reset manual tersebut di atas masih belum bisa mengatasi errors, sebaiknya lakukan reset otomatis menggunakan aplikasi software Resetter Adjustment Program Epson L310, untuk itu terlebih dahulu, silahkan Download Resetter Ajustment Program Epson Windows 7, 8, eight.1, 10 32bit / 64bit.

Cara Menggunakan Resetter Ajustment Program.

Perlu di pahami, sebelum menggunakan aplikasi Adjustment Program Reset Printer Epson otomatis, terlebih dahulu anda harus memasukkan facts Hardware ID Printer ke dalam aplikasi, mengingat walaupun printer memiliki merk dan kind yang sama akan tetapi information Hardware ID Printer selalu berbeda.

Setelah information License Hardware ID PrinterEpson berhasil di buat, maka kita baru bisa melakukan Reset Printer Epson L3110.

Cara Reset Printer Epson L310 Menggunakan Software Adjustment Program.

1. Jalankan aplikasi AjdProg.

2. Kemudian software reset printer secara otomatis akan memilih printer yang akan di reset dengan menampilkan Model / Nama Printer dan Port yang digunakan atau biarkan saja Auto Selection, selanjutnya klik Particular Adjustment Mode.

three. Berikutnya, klik Waste ink pad counter, kemudian klik OK.

4. Centang pada Main pad counter, lalu itu klik Check.

five. Centang pada Main pad counter, lalu itu klik Initialize untuk memulai proses reset, tunggu beberapa saat hingga selesai.

7. Bila sudah, pada layar komputer akan menampilkan kotak dialog Please Turn Off The Printer, silahkan matikan printer epson.

8. Tahap berikutnya akan muncul pemberitahuan Please Reboot The Printer, silahkan hidupkan kembali printer Epson L310 Anda.

9. Bila lampu indikator sudah tidak berkedip, berarti printer telah berhasil direset dan siap untuk digunakan kembali. Selesai.

Solusi Gagal Reset Epson L310.

Setelah melakukan tahap pemeriksaan komponen printer hingga reset namun lampu electricity dan kertas berkedip bersamaan, cobalah lakukan tips berikut ini.Bersihkan ulang cartridge.Pastikan posisi cartridge warna dan hitam tidak tertukar.Sedot sisa tinta di dalam tabung pembuangan.Cabut kabel daya selama kurang lebih 3 menit sebelum melakukan reset.Pastikan kembali curler printer jangan sampai masih ada benda asing atau sisa kertas di dalamnya.

Demikian yang bisa saya sampaikan mengenai artikel tentang Bagaimana Cara Reset Printer Epson L310 menggunakan Resetter Epson Adjustment Progam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *